Yuyu kangkang : sebuah kenyataan menakutkan dibalut dalam cerita anak

Siapakah diAntara kita yang tidak pernah mengenal cerita ande ande lumut dan kleting kuning mungkin yang belum pernah mendengar cerita ini bisa searching sebentar di google, dan yang paling terkenal dari cerita tersebut adalah kemunculan kepiting raksasa yaitu yuyu kangkang.

Kemungkinan besar cerita rakyat ini tumbuh di era majapahit dan hingga kini pun masih banyak diceritakan kembali, cerita yuyu kangkang ini adalah cerita favorit penulis yang selalu dikenang secara mendalam cieeehhhh….

Cerita ini memiliki banyak arti yang masih relevan di zaman sekarang ini,sebuah cerita tentang ande ande lumut yang membuat sayembara untuk menemukan seorang istri, kemudian ada beberapa perempuan yang menyambut sayembara tersebut dimana pada awalnya kleting kuning merasa ogah-ogahan untuk mengikuti sayembara tersebut. Singkat kata sayembara tersebut akhirnya diikuti oleh kleting ijo, kleting kuning, kleting biru dan kleting merah yang akhirnya menempuh perjalanan untuk menemui ande ande lumut yang tidak lain adalah seorang pangeran yg menyamar, didalam perjalanannya merekaharus menyebrang laut agar bisa sampai ke tujuan, akhirnya ada seekor kepiting besar bernama yuyu kangkang yang menyebrangkan mereka dengan syarat mereka harus mau dicium oleh yuyu kangkang tersebut singkat cerita lagi para kleting tersebut berhasil diseberangkan dan dicium kecuali kleting kuning karena kleting kuning mengolesi pipinya dengan tahi ayam sehingga yuyu kangkang tidak mau mencium.

kenyataannya dalam cerita tersebut lebih mengerikan, penulis percaya bahwa sebuah cerita rakyat merupakan nasehat yang dibungkus dalam cerita anak karena melalui anak-anak lah nasehat tersebut dapat menjadi abadi.

Arti dari cerita tersebut masih relevan atau bahkan sangat relevan dan mudah kita temui di zaman sekarang ini, dimana kleting kuning artinya adalah perempuan yang beranjak dewasa, usia yang matang untuk menikah. Dimana yuyu kangkang sebenarnya adalah seorang pria kaya yang dapat menyeberangkan karena pada zaman dahulu orang yang kaya adalah saudagar yang memiliki kapal, dimana setiap perempuan tersebut diseberangkan namun dengan imbalan yang secara vulgar saya sebutkan adalah meniduri para perempuan tersebut, nama yuyu kangkang berasal dari bahasa jawa cah ayu cah ayu ngangkang dan saya kira disini anda dapat mengartikan sendiri. Hanya kleting kuning yang bisa selamat karena ia menggunakan trik agar tubuhnya bau dan jelek dimana artinya seorang wanita harus menjaga tubuhnya agar tak terjamah oleh laki-laki yang bukan suaminya. Dimana akhirnya ande ande lumut hanya memilih kleting kuning sebagai istrinya, karena ande ande lumut tau bahwa hanya kleting kuning yang tidak terjamah oleh yuyu kangkang, bagaimana ande ande lumut bisa tahu jika hanya kleting kuning yg tidak terjamah, hal ini memiliki arti bahwa sepandai apapun wanita menutupi aib pasti lambat laun akan diketahui juga. Siapakah ande ande lumut, ande ande lumut adalah calon suami yang baik yang akan menjadi pangeran dari hati wanita yang dicintainya dengan tulus dan sabar menunggu sampai lumutan pasangan hidupnya untuk dinikahi karena laki-laki baik hanya berpasangan dengan wanita yang baik.

dedicated to my wife Granindy Asri and my daughter Samita Nindya Maheswari

Advertisements

2 thoughts on “Yuyu kangkang : sebuah kenyataan menakutkan dibalut dalam cerita anak

  1. Boleh share mas? Nanti disertakan link nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s